Cari Tentang Pencinta Alam

Pecinta alam

Pecinta alam Cimahi

Pecinta alam Cimahi

..::pandu udara::..

PENCINTA ALAM
::::..CIMAHI..::::
..::pandu udara::..

Satwa liar yang harus kamu ketahui

| Selasa, 29 Maret 2011

Cheetah – Predator dan Pelari Cepat

Deskripsi
Cheetah memiliki dada yang mendalam dan pinggang yang sempit. Bulu pendek ang kasar, dari cheetah adalah cokelat dengan bintik-bintik hitam bulat berukuran 2-3 cm, itu memberi beberapa kamuflase saat berburu.
cheetah
cheetah
Tidak ada bercak putih di bawah, tetapi ekor memiliki bintik-bintik, yang bergabung empat/enam membentuk untuk lingkaran hitam di bagian akhir. Ekor biasanya berakhir dengan lebat berjambul putih. Cheetah memiliki kepala kecil dengan mata tinggi. ” Tanda air mata hitam” dari sudut matanya menuruni sisi hidung ke muaranya untuk menjaga sinar matahari keluar dari mata dan untuk membantu dalam berburu dan melihat jarak jauh. Walaupun dapat mencapai kecepatan tinggi, tubuhnya tidak tahan lama lari jarak jauh. Cheetah adalah pelari cepat.
Cheetah dewasa beratnya 40-65 kg. Panjang tubuh totalnya adalah 115-135 cm, sementara ekor dapat mencapai panjang 84 cm. Jantan  cenderung sedikit lebih besar dibandingkan. Dibandingkan dengan ukuran macan tutul, cheetah umumnya bertubuh pendek, tapi ekor lebih panjang dan lebih tinggi (rata-rata sekitar 90 cm) dan sehingga tampak lebih ramping.
Sosialisasi Cheetah
Cheetah Face
Cheetah Face
Cheetah di alam bebas dapat dibagi menjadi 2 kelompok: kelompok keluarga atau sebuah koalisi. Kelompok keluarga / betina dan jantan.
Cheetah Betina - Betina muda biasanya menempati kisaran yang sama seperti ibu mereka meskipun semua betina soliter. Sarang mencakup 833 kilometer persegi (322 mil persegi).
Cheetah Jantan – Jarang cheetah jantan hidup sendirian. Umumnya 2 atau 3 cheetah jantan membentuk kelompok. Kelompok kecil ini akan hidup dan berburu bersama-sama untuk hidup dan biasanya klaim daerah yang luas yang mungkin tumpang tindih beberapa wilayah dengan betina. Ukuran wilayah rata-rata jantan adalah 37,4 kilometer persegi (14,4 mil persegi). Jantan muda mencari area pada jarak yang sangat jauh dari induk mereka, kadang-kadang sejauh 482 kilometer (300 mil).
Makanan Cheetah
Cheetah adalah karnivora dan makan berbagai hewan kecil. Sementara sebagian besar kucing berburu di pagi dan sore hari. Sejak itu tergantung pada pandangan daripada bau, itu suka untuk memindai pedesaan dari dahan pohon atau bagian atas gundukan rayap. Mengejar kucing besar lainnya
Cheetah mengejar mangsa
Cheetah mengejar mangsa
hanya beberapa ratus meter: cheetah mengejar 3,4 mil (5.500 meter) pada kecepatan rata-rata 45 mil per jam (72 km/jam). Mengintai adalah sama pentingnya dengan cepat sprint: biasanya itu akan menyelinap dalam waktu 50 meter (46 meter) dari calon korban sebelum akhir percepatan. Kendali sprint terakhir sekitar 20 detik dan hampir tidak pernah melebihi 1 menit penuh. Jika berhasil menangkap binatang akan mati lemas dengan menjepit tenggorokan, kadang-kadang memegang dan menjepit selama 5 menit. Binatang kecil seperti kelinci dibunuh oleh gigitan sederhana melalui tengkorak. Tapi apa pun makanan – besar atau kecil – cheetah makan cepat karena jika terlalu lama akan sering kehilangan karena predator lain. Cheetah memiliki kebiasaan makan yang bersih luar biasa: mereka tidak kembali untuk membunuh, mereka juga tidak makan bangkai; mereka meninggalkan kulit, tulang dan isi perut mangsa mereka. Pada 6 minggu cheetah muda cukup kuat untuk mengikuti berburu dan ketika mereka berusia sekitar 6 bulan induk akan menangkap mangsa hidup bagi mereka untuk latihan membunuh.
Klasifikasi Cheetah
Kingdom: Animalia
Phylum: Chordata
Class: Mammalia
Order: Carnivora
Family: Felidae
Subfamily: Felinae
Genus: Acinonyx
Species: A. jubatus

Raja Cheetah
Raja Cheetah
Beberapa cheetah juga memiliki bulu jarang.Pola mutasi: cheetah dengan bintik lebih besar, bintik-bintik digabungkan dikenal sebagai ‘raja cheetah’. Itu pernah dianggap subspesies yang terpisah, tetapi hanyalah mutasi cheetah Afrika. ‘Raja cheetah’ hanya terlihat di alam bebas beberapa kali, tetapi telah dibesarkan di penangkaran.
Cakar cheetah memiliki semi-retractable claws (dikenal hanya dalam tiga spesies kucing lain:  Fishing Cat, Flat-headed Cat dan Iriomote Cat) memberikan cengkeraman ekstra dalam pengejaran berkecepatan tinggi. Struktur cakar ligamen cheetah adalah sama dengan kucing lain, tetapi hanya tidak memiliki selubung kulit dan bulu ada dalam varietas lain, dan karena itu cakar selalu terlihat.
Adaptasi yang memungkinkan cheetah untuk berlari secepat itu tidak termasuk lubang hidung besar yang memungkinkan untuk meningkatkan asupan oksigen, dan pembesaran jantung dan paru-paru yang bekerja sama untuk mengedarkan oksigen secara efisien. Selama pengejaran yang khas dengan laju pernafasan meningkat 60-150 napas per menit.  Ketika beroperasi, selain memiliki traksi yang baik karena yang semi-retractable claws(cakar yang dapat ditarik masuk), cheetah menggunakan ekornya sebagai kemudi-seperti alat kemudi untuk memungkinkan untuk membuat tikungan tajam, diperlukan untuk mengepung mangsa binatang yang sering membuat berubah seperti melarikan diri.
Tidak seperti kucing besar lainnya, cheetah bisa mendengkur seperti menghirup, tetapi tidak dapat mengaum. Sebaliknya, kucing besar dapat mengaum tapi tidak bisa mendengkur, kecuali saat menghembuskan napas. Namun, cheetah masih dianggap oleh beberapa orang sebagai varian terkecil kucing besar. Meskipun sering keliru untuk macan tutul, cheetah memang memiliki ciri khas, seperti yang disebutkan di atas “coret tanda air mata” . Kerangka tubuh cheetah juga sangat berbeda dengan macan tutul, terutama begitu dalam lebih tipis dan lebih panjang ekor dan, tidak seperti macan tutul, dengan bintik-bintik tidak diatur dalam mawar.
Cheetah adalah spesies yang rentan. Dari semua kucing besar, cheetah paling tidak mampu beradaptasi dengan lingkungan baru. Itu selalu terbukti sulit untuk berkembang biak di penangkaran, meskipun beberapa kebun binatang baru-baru ini telah berhasil untuk berhasil dalam hal ini. Begitu banyak diburu untuk bulu, cheetah sekarang menderita lebih dari kehilangan habitat dan mangsa baik.
Cheetah sebelumnya dianggap sangat primitif di antara kucing dan telah berevolusi sekitar 18 juta tahun yang lalu. Penelitian baru, bagaimanapun, menunjukkan bahwa nenek moyang terakhir dari semua yang ada 40 jenis felines hidup lebih baru dari itu-sekitar 11 juta tahun yang lalu. Penelitian yang sama menunjukkan bahwa cheetah, sementara yang diperoleh morfologi, bukanlah berasal dari garis keturunan khususnya kuno, setelah terpisah dari sanak saudara terdekat (Puma concolor, para tante girang, dan Puma yaguarondi, yang jaguarundi) sekitar lima juta tahun yang lalu. Felids ini tidak banyak berubah sejak mereka pertama kali muncul dalam catatan fosil.

Habitat Cheetah

Ada beberapa populasi geografis terisolasi cheetah, yang semuanya ditemukan di Afrika atau Asia Barat Daya. Populasi kecil (diperkirakan sekitar lima puluh) bertahan hidup di Provinsi Khorasan Iran, di mana konservasionis mengambil langkah-langkah untuk melindungi mereka.  Hal ini dimungkinkan, meskipun ragu, bahwa beberapa cheetah tetap di India
Cheetah berkembang biak di daerah dengan tanah luas di mana mangsa yang berlimpah. Cheetah suka tinggal di biotope terbuka, seperti semi-gurun, padang rumput, dan tebal kuas, meskipun dapat ditemukan di berbagai habitat. Di Namibia, misalnya, tinggal di padang rumput, savana, daerah padat vegetasi, dan daerah pegunungan.
Di sebagian besar bekas kisaran, cheetah itu dijinakkan oleh kaum bangsawan dan digunakan untuk berburu antelop dalam banyak cara yang sama seperti yang masih dilakukan dengan anggota kelompok anjing greyhound .
Reproduksi Cheetah
Bayi Cheetah
Bayi Cheetah
Betina mencapai kematangan dalam dua puluh empat bulan, dan jantan sekitar dua belas bulan (meskipun mereka tidak biasanya berpasangan sampai setidaknya tiga tahun), dan perkawin terjadi sepanjang tahun. Sebuah studi tentang cheetah di Serengeti menunjukkan bahwa betina secara seksual promiscuous (tidak membedakan) dan sering mempunyai anak singa oleh banyak jantan yang berbeda.
Betina melahirkan sampai sembilan anaknya setelah periode kehamilan. Cubs (bayi cheetah) beratnya 150-300 g pada saat lahir. Tidak seperti kucing lain, cheetah lahir dengan bintik-bintik khas. Cubs juga lahir dengan mendasari berbulu halus bulu di leher mereka, yang disebut mantel, meluas sampai ke punggung tengah. Ini memberi mereka surai atau penampilan tipe-mohawk; bulu ini adalah gudang sebagai cheetah tumbuh lebih tua. Cubs meninggalkan ibu mereka di antara tiga belas sampai dua puluh bulan setelah kelahiran. Hidup cheetah sampai dua belas tahun di alam liar, tetapi sampai dua puluh tahun di penangkaran.

Merak

Rainbow Peacock
Rainbow Peacock
Merak adalah keluarga Pavo Cristatus dan dapat ditemukan di hutan.Populasi Merak Biru tersebar di hutan terbuka dengan padang rumput di India, Pakistan, Sri Lanka, Nepal dan Bhutan. Sebelumnya spesies ini ditemukan juga di Bangladesh, namun sekarang kemungkinan besar telah punah di sana.
Kata merak sebenarnya mengacu pada burung laki-laki (peafowls), sementara perempuan adalah peahens, dan  yang muda adalah peachicks
Merak termasuk dalam klasifikasi ilmiah:
  • Kerajaan : Animalia.
  • Fillum : Chordata.
  • Kelas : Aves.
  • Ordo : Galliformes.
  • Famili : Phasianidae.
  • Genus : Pavo.
  • Spesies : P. Cristatus.
Merak Putih
Merak Putih
Burung merak adalah salah satu jenis burung terbesar. Mereka menarik perhatian orang di seluruh dunia. Burung megah ini tidak bermigrasi. Merak terutama dibagi menjadi tiga kategori-yang paling umum di antara mereka adalah Merak Biru, Merak Hijau, Merak Putih.
Merak Biru mempunyai bulu berwarna biru gelap mengilap. Burung jantan dewasa berukuran besar, panjangnya dapat mencapai 230cm, dengan penutup ekor yang sangat panjang berwarna hijau metalik. Di atas kepalanya terdapat jambul tegak biru membentuk kipas. Burung betina berukuran lebih kecil dari burung jantan. Bulu-bulunya tidak mengilap, berwarna coklat kehijauan dengan garis-garis hitam dan tanpa dihiasi bulu penutup ekor. Burung muda seperti Merak betina.
Merak Biru
Merak Biru
Merak jantan adalah poligami spesies, mempunyai pasangan lebih dari satu. Pada musim berbiak, burung jantan memamerkan bulu ekornya di depan burung betina. Bulu-bulu penutup ekor dibuka membentuk kipas dengan bintik berbentuk mata berwarna biru. Burung betina biasanya menetaskan tiga sampai enam butir telur.
Mitologi Merak
Merak adalah omnivora, makan rumput dan biji-bijian serta ular dan kadal kecil juga. Di India, burung merak yang terkait dengan semua melihat matahari dan dalam mitologi Yunani ini ‘eyespots’ itu dikatakan sebagai mata ratus Argos raksasa. Ketika musim hujan dating, merak, menari dalam hujan, memikat semua dengan bulu yang elegan, membentuk tampilan yang spektakuler.
Ketika banyak orang mendengar tentang merak, hal pertama yang terlintas dalam pikiran adalah warna yang indah dari bulu burung ini. Biru, hijau, emas, dan penampilan dari apa yang tampak seperti mata, tepat di tengah beberapa bulu, adalah kelebihan dari burung ini. Mereka juga memiliki lambang, atau mahkota, di atas kepala mereka, membuat mereka terlihat lebih anggun dari apa yang mereka sudah lakukan. Paruh burung-burung merak memiliki rata-rata panjang satu inci
Asli Asioa, Merak yang sekarang dapat ditemukan di hampir setiap benua, termasuk Asia, Afrika, Amerika Utara dan Eropa. Mereka telah dipelihara di banyak bagian dari bagian-bagian. Sebelumnya merak dibiakkan untuk makanan tetapi sekarang telah dilarang di India.
Merak Albino
Merak Albino
Seekor merak betina dapat bertelur hanya sekali setahun, atau beberapa kali setahun. Merak betina akan meletakkan telur lebih banyak, lebih sering, jadi jauhkan kebisingan dan aktivitas di sekitar sarang, jika ingin memiliki merak yang  menetaskan telur juga. Seekor merak betina akan meninggalkan sarang jika ia merasa bahwa terlalu banyak keributan yang terjadi. Juga, ingatlah bahwa sarang telur akan menjadi menarik bagi binatang seperti raccoon dan musang. Satu rakun dapat menghancurkan sarang merak betina telur dalam waktu yang sangat singkat.

0 komentar:

Posting Komentar

..::::'Pencinta Alam':::....

..::::'Pencinta Alam':::....
 

Copyright © 2010 PENCINTA ALAM